Sejarah Singkat Candi Borobudur, Simbol Dinasti Syailendra

guIlustrasi Sejarah Candi Borobudur. Sumber: www.unsplash.com

Sejarah Singkat Candi Borobudur, Simbol Dinasti Syailendra – Candi Borobudur adalah salah satu keajaiban dunia. Candi ini sangat populer tidak hanya di Indonesia tapi juga di internasional. Sejarah bangunan iniĀ  sangat erat kaitannya dengan masuknya agama Buddha di Indonesia di masa itu.

Dikutip dari buku Mega Bank Versi Oto Bappenas oleh Pretty Rosyidin, M.Si (2017), bangunan ini diperkirakan dibangun pada tahun 750 Masehi oleh kerajaan Syailendra yang pada waktu itu menganut agama Buddha.

Sejarah Candi Borobudur Singkat

Ilustrasi Sejarah Candi Borobudur. Sumber: www.unsplash.com

Bangunan ini didirikan pada masa kepemiminan Dinasti Syailendra antara 750-842 M, namun ada juga yang mengatakan Candi ini didirikan oleh Raja Wisnu dari tahun 770 M sampai 842 M. Candi ini dibuat dengan tujuan untuk memuliakan ajaran Buddha Mahayana.
Candi ini dibangun dengan gotong royong yang memaknai ajaran kebaikan dari agama Buddha. Hal ini terlihat jelas karena pembangunan Candi ini membutuhkan waktu ratusan tahun, turun temurun dari raja yang satu ke raja selanjutnya.
Sejarah mencatat pembangun Candi ini selesai pada masa kekuasaan Raja Samaratungga pada 825 M. Namun ada sumber lain juga yang mengatakan bahwa pembangunannya selesai pada tahun 900 M oleh Ratu Pramudawarhani.
Seperti dalam sejarah Candi Borobudur menjadi lambang alam semesta. Candi yang setengah bola yang menunjukkan agama Buddha memiliki tingkatan yaitu Kamadhatu, Rupadhatu dan Arupadhatu. Ketiga tingkatan ini dapat dilihat berdasarkan relief yang panjangnya 3 meter dan 1460 pigura dengan 1212 pemisah.
Pada saat ini Candi Borobudur telah dipugar dengan mengembalikan fungsi dan bentuk fisik. Pemugaran pertama dilakukan oleh Th. Van Erp pada tahun 1907 hingga 1911 yang bekerjasama dengan UNESCO.
Dan setelah itu tahun 1911 juga Thomas Stamford Raffles merestorasi bangunan tersebut dengan bantuan Insinyur Belanda Christian Cornelius untuk memeriksa kondisi bangunanĀ  yang terkubur dan membenahinya.
Candi ini pun diberikan status warisan dunia oleh UNESCO di tahun 1991 karena beragamnya alasan dan kompleks pembangunan terbesar di Inonesia.
Demikian dijelaskan secara singkat bagaimana sejarah Candi Borobudur, candi populer di Indonesia yang masih berdiri kokoh hingga saat ini.
Scroll to Top